Cara Pintar Berbagi di Era Digital
Pada
hakikatnya berbagi bisa kapan dan di mana saja, apalagi sekarang hidup di era
digital, pastinya untuk urusan satu ini semakin di mudahkan, dari dan untuk
siapapun. Semangat untuk berbagi ini, tidak lain luapan—meminjam ungkapan Ali
Ahmad Al-Jurjani dalam kitab Tarikh al-Tasyri’ wa Falsafatuhu—dari upaya
menjauhi tindakan terlampau hemat (kikir/lokek) dan mewujudkan kesejahteraan
umat (Al-Bu’du an al-Bukhl wa Iradah Islah al-Ummah).
Barangkali
atas dasar itulah, keinginan untuk berbagi dan disaat yang sama, kemudahan
akses di era digital, menjadikan tidak ada lagi asalan untuk tidak berbagi.
Artinya layanan untuk menyalurkan donasi (berbagi), baik perorangan ataupun lembaga, kian
mudah dan lebih efisien. Kemudahan layanan tersebut bisa ditemukan, misalnya,
melalui kanal donasi online Dompet Dhuafa. Dan melalui layanan ini pula, kita
bisa mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus: kemudahan, efisiensi, pilihan
jenis donasi, hingga transparansi penyaluran donasi.
Dan
berikut ini, pengalaman saya ketika mencoba layanan donasi online melalui DompetDhuafa, begitu mudah dan gak ribet. Selain tentu saja, menghemat waktu.
Apa itu Dompet Dhuafa?
Sebagai
lembaga nirlaba, hadirnya Dompet Dhuafa banyak dikenal sebagai lembaga yang ikut
serta membantu mengentaskan pelbagai problem di masyarakat. Dari ekonomi,
pendidikan, pengembangan sosial, hingga kesehatan. Hal ini tidak mengherankan, karena
sesuai dengan jati dirinya, Dompet Dhuafa ialah lembaga filantropi Islam yang
bersumber dari dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF).
Disamping
itu, Dompet Dhuafa juga mengelola dana-dana halal lainnya yang berhidmat dalam
pemberdayaan kaum dhuafa, melalui pendekatan budaya berupa kegiatan filantropis
(humanitarian) dan wirausaha social profetik (prophetic
socio-technopreneurship). Yang dalam prinsipnya, kegiatan-kegiatan yang
dikelola selalu mengedepankan kemaslahatan bersama.
Bukti akan keseriusan layanan dan pengelolaan
Dompet Dhuafa, bisa dilihat dari visi dan misi lembaga ini. Selain berupaya
mewujudkan masyarakat dunia yang berdaya melalui pelayanan, pembelaan, dan
pemberdayaan yang berbasis pada sisitem yang berkeadilan. Lembaga satu ini juga,
mengusung misi yang tak kalah tanggung, membangun dan mewujudkan transformasi
tatanan sosial masyarakat yang berkeadilan dan berkemajuan.
Sementara itu, besaran cakupan program Dompet Dhuafa, setidaknya
terpetakan dalam lima bagian: pertama, layanan pendidikan, melalui
pelbagai gerakan, misalnya, SMART ekselensia Indonesia, sekolah guru Indonesia,
pusat belajar anti korupsi, dan lainnya. Kedua, layanan kesehatan, yang
terbagi dalam dua faskes: 1). Faskes Tingkat satu: layanan kesehatan cuma-cuma,
berupa 52 pos sehat dan ambulan terapung, dan 2). Faskes tingkat dua: layanan
kesehatan di klinik dan rumah sakit yang menjadi mitra dari Dompet Dhuafa.
Ketiga, program ekonomi berkelanjutan
melalui beberapa komunitas, misalnya, pertanian sehat Indonesia, kampung ternak
nusantara, kampung wisata D’Jampang, dan lainnya. Keempat, gerakan sosial
melalui unit-unit pemberdayaan, diantaranya semesta hijau, disaster
management center (DMC), pusat bantuan hukum, Indonesia development and
Islamic studies (IDEAS), dan sebagainya. Dan kelima, gerakan dakwah
dan budaya melalui corps da’i Dompet Dhuafa, kampung silat Jampang, budaya
suluk nusantara, dan Jampang English village.
Dan kabar baiknya, sebaran sektor
penerima manfaat Dompet Dhuafa ini, terus mengalami peningkatan dari tahun ke
tahun. Bahkan dalam rentang 1993-2018 tercatat, jumlah penerima manfaat telah
mencapai angka 19.130.000 juta jiwa, yang tersebar di dalam dan luar negeri. Sementara
untuk periode 2018 saja, penerima manfaat Dompet Dhuafa telah menyentuh angka
2.150.000 juta jiwa, yang meliputi penddikan (121.568), kesehatan (192.914),
ekonomi (15.934), sosial (1.755.333), dakwah dan budaya (66.253).
Mengiringi kesuksesan Dompet Dhuafa
dalam beberapa dasawarsa terakhir, tidak mengherankan jika lembaga filantropi
ini banjir penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri. Dan pada tahun lalu (2018), setidaknya empat penghargaan bergengsi berhasil diraih, misalnya, Indonesia
Middle-Class Brand Champion (kategori Lazna dari Trans CO Indonesia),
Lembaga Kemanusiaan Terpopular (moeslimchoice.com), Anugrah Syariah
Republika 2018 (The best philantrophy institution), dan Stevie Awards
Asia Pasific (kategori Innovation in Public Service Communication).
Dompet
Dhuafa, Berbagi Menjadi Lebih Mudah
“Mas
beneran, (bayar) zakat di Dompet Dhuafa layaknya belanja di e-commerce?”, tanya
seorang kawan, pegawai di salah-satu perusahaan swasta.
“Iya, bener! Bahkan bukan hanya layanan
zakat, adapula infak dan donasi kemanusiaan” , jawab saya
singkat.
Obrolan
itu terjadi begitu saja, kalau tidak salah, kira-kira di pertengahan tahun 2018
lalu. Dan layakanya pegawai di perkotaan, dalam urusan zakat dan sejenisnya, ia
membutuhkan layanan yang benar-benar efisien, praktis, dan tepat guna. Karena
alasan itu pula, sewaktu ia menanyakan lembaga penyalur zakat, tanpa ragu saya
merekomendasikan Dompet Dhuafa, sebagai pilihan lain dalam menyalurkan zakat,
selain tentu saja melalui lembaga (amil al-zakah) yang banyak ditemukan.
Sejatinya
layanan Dompet Dhuafa ini menerima beragam jenis donasi, mulai dari zakat,
infak/sedekah, wakaf, hingga kemanusiaan. Dan untuk memudahkan, Dompet Dhuafa memberikan
banyak pilihan layanan dalam penyaluran dan atau sekedar konsultasi,
diantaranya: 1). Melalui kanal donasi online, donasi.dompetdhuafa.com;
2). Transfer bank; 3). Counter domper dhuafa; 4). Care visit (meninau
langsung lokasi program); 5). Tanya jawab zakat; 6). Edukasi zakat; 7). Laporan
donasi.
Dengan
beragam layanan tersebut, pastinya sangat membantu bagi mereka yang mempunyai
gerak sosial (mobilitas) cukup tinggi. Selain lebih praktis, diantaranya melalui
layanan donasi online, dan lagi donasi yang kita berikan bisa langsung
diperuntukan untuk apa dan siapa. Dari pendidikan, kesehatan, lingkungan, hingga
bantuan kemanusiaan. Praktis, bukan?
Lantas
bagaimana sejatinya donasi online itu? Benarkah sesimple belanja di e-commerce?
Dan apa keuntungan yang bisa kita dapatkan? Dan berikut ini, pengalaman saya
sewaktu menyalurkan donasi melalui kanal online Dompet Dhuafa, berikut
selengkapnya:
Pertama,
kunjungi laman donasi.dompetdhuafa.org, maka akan tampil halaman seperti
dibawah ini. Setelah itu, akan tersedia tiga kolom: pilihan donasi, profil donatur, dan metode pembayaran. Pastikan ketiganya terisi dengan benar, baik
tujuan donasi, nominal, dan yang terpenting metode pembayaran. Dalam hal ini,
bisa melalui transfer bank (BCA, Mandiri, BNI, dan Muamalat), dan pembayaran
online atau e-payment (CIMB Click, IB Muamalat, dan setiap kartu berlogo
mastercard dan visa).
Kedua, akan tampil halaman berisi ringkasan donasi. Jika
sudah benar, pilih tombol “bayar sekarang”, maka akan dibawah ke tahapan
berikutnya.
Ketiga, kita akan diarakan ke halaman invoice donasi kita. Sebagai bukti, invoice ini bisa di download atau bisa sekedar mengecek di
e-mail yang telah terdaftar di server Dompet Dhuafa. Selain itu, kita juga akan mendapatkan
notifikasi berupa pesan singkat (sms), untuk segera melakukan pembayaran sesuai
nominal yang dipilih sebelumnya. Dan terakhir, setelah melakukan pembayaran,
segera konfirmasi donasi kita. Selesai!
Sampai
disini, kemudahan dalam berbagai menjadi kian nyata. Dan oleh karena itu, masihkan
anda menunda untuk berbagi? Jika iya, cobalah berbagi dari hal terkecil, baru
setelahnya mencoba yang lebih besar, misalnya melalui Dompet Dhuafa. Karena bagaimanapun,
berbagi sejatinya dari dan oleh kita, untuk mewujudkan kesejahteraan bersama (umat).
“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog
Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”
- Foto, tulisan, dan infografik di ambil dan di olah kembali dari booklet Public Expose Dompet Dhuafa 2019, Catalog Program 2018, dan website dompetdhuafa[dot]org.
Tags : Terkini
M. Achfas Afandi
Seo Construction
I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.
- M. Achfas Afandi
- Februari 24, 1989
- 1220 Manado Trans Sulawesi
- contact@example.com
- +123 456 789 111
Posting Komentar